MENGENANG TRAGEDI HIROSHIMA NAGASAKI


Penulis: Cery Riksanegri
09 Aug 2023
Bagikan:
By: Cery Riksanegri
09 Aug 2023
294 kali dilihat

Bagikan:


Bom yang jatuh di kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945 dan 9 Agustus 1945 menjadi salah satu sejarah kelam kemanusiaan paling menyakitkan bagi Jepang dan dunia. Bagaimana tidak, kejadian itu menewaskan  ratusan ribu orang, di antaranya meninggal akibat dari paparan radiasi. 

Pada tanggal 6 Agustus 1945, pesawat pengebom B-29 Amerika menjatuhkan bom atom pertama di dunia, tepatnya di atas kota Hiroshima, Jepang. Lalu, pada tiga hari berikutnya, tepatnya 9 Agustus 2023, pesawat pengebom B-29 kedua menjatuhkan bom atom lainnya di Nagasaki. Akibat kejadian tersebut, Kaisar Jepang Hirohito kemudian mengumumkan penyerahan tanpa syarat negaranya dalam Perang Dunia II melalui pidato radio pada 15 Agustus. 

Tentang Proyek (Bom Atom) Manhattan
Pada tahun 1940, pemerintah Amerika Serikat (AS) mendanai program pengembangan senjata atomnya sendiri yang menjadi tanggung jawab bersama Kantor Penelitian dan Pengembangan Ilmiah dan Departemen Perang setelah AS memasuki Perang Dunia II. Korps Insinyur Angkatan Darat AS ditugaskan untuk mempelopori pembangunan fasilitas luas yang diperlukan untuk program rahasia, dengan nama sandi "Proyek Manhattan" (untuk distrik korps teknik Manhattan).

Pada pagi hari tanggal 16 Juli 1945, Proyek Manhattan mengadakan uji coba perangkat atom pertama yang berhasil -bom plutonium- di lokasi uji Trinity di Alamogordo, New Mexico. Pada saat ujian Trinity, kekuatan Sekutu telah mengalahkan Jerman di Eropa. Namun, pada pertengahan Juli, pasukan Jepang menimbulkan korban Sekutu dengan total hampir setengah dari jumlah yang menderita selama tiga tahun penuh perang di Pasifik. Hal ini membuktikan bahwa Jepang menjadi lebih mematikan ketika menghadapi kekalahan.

Pada akhir Juli, pemerintah militeris Jepang menolak permintaan penyerahan Sekutu yang diajukan dalam Deklarasi Potsdam yang mengancam Jepang dengan "kehancuran segera dan total" jika mereka menolak.

Sejarah Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki
Hiroshima sebagai pusat produksi sekitar 350.000 orang yang terletak sekitar 500 mil dari Tokyo, dipilih sebagai target pertama Proyek Manhattan. Setelah tiba di pangkalan AS di pulau Pasifik Tinian, bom uranium-235 seberat lebih dari 9.000 pon dimuat ke dalam pesawat pengebom B-29 yang dimodifikasi dengan nama Enola Gay (diambil dari nama ibu pilotnya, Kolonel Paul Tibbets).

Pesawat menjatuhkan bom atom "Little Boy" dengan parasut pada 6 Agustus 1945 pukul 8:15 pagi. Bom itu meledak 2.000 kaki di atas Hiroshima dalam ledakan yang setara dengan 12-15.000 ton TNT, menghancurkan lima mil persegi kota. Kemudian, pada 9 Agustus 1945, Mayor Charles Sweeney menerbangkan pembom B-29 lainnya, Bockscar, dari Tinian. Awan tebal di atas target utama, kota Kokura, membawa Sweeney ke target sekunder, Nagasaki, tempat bom plutonium "Fat Man" dijatuhkan pada pukul 11:02 pagi.

Bom tersebut memiliki berat hampir 10.000 pound dan dibuat untuk menghasilkan ledakan 22 kiloton. Topografi Nagasaki, yang terletak di lembah-lembah sempit di antara gunung-gunung, mengurangi efek bom, membatasi kehancuran hingga 2,6 mil persegi. Dampak politik yang terjadi,  tanggal 15 Agustus 1945 waktu Jepang, Kaisar Hirohito mengumumkan penyerahan negaranya dalam sebuah siaran radio. Berita itu menyebar dengan cepat, dan perayaan "Kemenangan di Jepang" atau "Hari VJ" pecah di seluruh Amerika Serikat dan negara-negara Sekutu lainnya.

Perjanjian penyerahan formal ditandatangani pada 2 September di atas kapal perang AS Missouri, berlabuh di Teluk Tokyo. Tingkat kehancuran dan kekacauan terjadi pada sebagian besar infrastruktur kota Hiroshima dan Nagasaki itu pasca pengeboman. Diperkirakan, sekitar 70.000 hingga 135.000 orang tewas di Hiroshima dan 60.000 hingga 80.000 orang tewas di Nagasaki, baik akibat paparan akut ledakan maupun efek samping radiasi jangka panjang.

Mau berinfak untuk kemanusiaan? Gampang!

Tinggal klik link ini

 

Sumber Foto: www.phinemo.com

Penulis: Cery Riksanegri
Tags: lazpersis #hiroshima nagasaki tragedi

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam