SEJARAH PRAMUKA DI DUNIA DAN INDONESIA


Penulis: Cery Riksanegri
14 Aug 2023
Bagikan:
By: Cery Riksanegri
14 Aug 2023
341 kali dilihat

Bagikan:

14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Pramuka di Indonesia memuiliki sejarah yang cukup panjang. Pramuka sendiri berasal dari Inggris melalui pembinaan remaja oleh Lord Robert Baden Powell of Giwell. Gerakan pada akhirya menyebar pada beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Pramuka diawali dengan terbentuknya Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO), lalu berubah menjadi Nederlands Indische Padvinders (NIP). Pada 1916, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VII adalah Adipati ketujuh Mangkunegaran membuat organisasi kepanduan di Tanah Air. Organiasasi ini tanpa campur tangan Belanda dan diberi nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO),dan organisasi ini sempat dilarang pada zaman penjajahan Jepang. 

27-29 September 1945, setelah Indonesia Merdeka sejumlah tokoh gerakan kepanduan mengadakan pertemuan di Yoyakarta terbentuklah Pandu Rakyat Indonesia. Hal ini mendapat respon positif dari Presiden Soekarno, bahkan Pandu diberi amanat untuk mengefektifkan kepanduan yang merupakan komponen penting untuk pembangunan bangsa.

30 Juli 1961 berbagai organisasi kepanduan berkumpul di Gelora Senayan. Dalam pertemuan itu, mereka berikrar untuk meleburkan ke dalam satu organisasi kepanduan bernama Gerakan Pramuka.Sebab itulah 30 Juli diperingati sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka. 

Pemerintah akhirnya meresmikan Gerakan Pramuka melalui keppres Nomor 448 tahun 1961 pada 14 Agustus 1961. Tanggal itu akhirnya dipilih sebagai Hari Pramuka Lambang Berdasarkan Keppers Nomor 238 Tahun 1961. Pramuka memiliki lambang berupa tunas kelapa, hal ini menggambarkan tunas bangsa, dengan harapan anak muda Indonesia bisa menjad tunas bangsa yang bisa mengharumkan nama Indonesia di berbagai kesempatan. 

Anggota Pramuka harus dapat bertahan dalam menghadapi segala tantangan untuk mengabdi kepada bangsa Indonesia, dan diharapkan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan menyesuaikan diri. Pohon Kelapa Menjulang Tinggi bermaksud setiap anggota memiliki cita-cita yang tinggi dan dapat berdiri tegak.  Akar yang kuat, melambangkan setiap anggota berpegang teguh pada keyakinan untuk mencapai cita-cita. Pohon kelapa setiap bagiannya memberi manfaat, melambangkan bahwa anggota pramuka merupakan manusia bermanfaat untuk bangsa Indonesia.

 

Infak apa yang mau ditunaikan di hari ini?

Yuk, tinggal klik di sini

Penulis: Cery Riksanegri
Tags: pramuka 14agustus

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp