Meriahkan Bulan Suci Bersama Program Berkah Ramadhan


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
02 Mar 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
02 Mar 2024
488 kali dilihat

Bagikan:

Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan penuh berkah yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas ibadah, Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian sosial kepada sesama. Hal tersebut dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. yang dikenal sebagai pribadi mulia nan dermawan. Nabi Muhammad saw. semakin dermawan di bulan suci Ramadhan.

Melalui semangat tersebut, LAZ PERSIS menggulirkan Program Berkah Ramadhan. Program Berkah Ramadhan lahir sebagai upaya nyata untuk memfasilitasi umat Islam dalam meningkatkan aktivitas spiritual, sosial, dan kemanusiaan yang memberikan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan di bulan Ramadhan. Dengan demikian, Program Berkah Ramadhan bukan hanya sekadar program amal biasa, melainkan sebuah panggilan untuk memperdalam nilai-nilai kemanusiaan.

Secara umum, Program Berkah Ramadhan akan menebar manfaat di berbagai wilayah Indonesia dan juga bagi warga Palestina. Wilayah kebermanfaatan tersebut menunjukkan komitmen LAZ PERSIS untuk hadir di tengah kesulitan warga dunia. Berkah Ramadhan Indonesia fokus pada kegiatan amal saleh di berbagai penjuru Indonesia. Sementara Berkah Ramadhan Palestina merupakan bentuk dukungan perjuangan terhadap masyarakat Palestina yang sedang mengalami kesulitan. Kedua program ini adalah cerminan dari semangat berbagi dan kepedulian selama bulan suci Ramadhan.

Program Berkah Ramadhan juga memberikan perhatian khusus pada tantangan kesehatan yang dihadapi masyarakat. Di Indonesia, masalah seperti stunting, disabilitas, dan sanitasi air menjadi perhatian serius. Program ini bukan hanya sekadar bantuan materi, tetapi juga solusi nyata untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Beragam jenis program yang digulirkan selama bulan Ramadhan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, antara lain:

  1. Berbagi Takjil: Menyediakan makanan berbuka shaum bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang di perjalanan ketika adzan maghrib berkumandang.
  2. Berbagi Pangan: Menyediakan paket sembako untuk memenuhi kebutuhan fakir miskin selama bulan Ramadhan.
  3. Berbagi Kado Lebaran: Memberikan paket lebaran berupa sandang/pakaian bagi fakir miskin untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri.
  4. Berbagi Air Bersih: Pengadaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan ibadah (wudlu) dan kebutuhan sehari-hari masyarakat.
  5. Berbagi Al-Quran: Penyebaran mushaf Al-Quran untuk masyarakat di daerah yang membutuhkan.

Kebersamaan merupakan salah satu kata kunci dalam menebar kebaikan di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, LAZ PERSIS menggulirkan Program Berkah Ramadhan yang tidak hanya sekadar program amal sementara, tetapi menjadi wujud nyata dari semangat kepedulian bersama. Dengan semangat kolaborasi dan partisipasi dari berbagai pihak, Program Berkah Ramadhan insya Allah bisa memberikan dampak positif yang nyata bagi pertumbuhan kesejahteraan umat.

Mau berinfak di Program Berkah Ramadhan? Bisa, tinggal klik di sini

Tunaikan juga zakat Anda di sini


Baca Juga: Komitmen LAZ PERSIS Membantu Umat di Tengah Lonjakan Harga Kebutuhan Pokok

Baca Juga: Sikap Manusia Terhadap Harta yang Dapat Mencelakakan

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: ramadhan lazpersis berkahramadhan kemanusiaan save palestine

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp