WASPADAI HAL INI KETIKA MENGIKUTI LOMBA 17 AGUSTUS


Penulis: Cery Riksanegri
16 Aug 2023
Bagikan:
By: Cery Riksanegri
16 Aug 2023
181 kali dilihat

Bagikan:

17 Agustus memang momen yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama sama menikmati uforia kemerdekaan. Hal ini dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang botram (masak dan makan bersama) karnaval dan lomba-lomba. Namun, sering kali kita melihat tayangan televisi yang menceritakan tentang perlombaan yang berakhir duka, peserta lomba yang berakhir masuk rumah sakit bahkan hingga meninggal dunia. 

Banyak hal yang harus waspadai terkait hal ini, karena beberapa lomba yang diselenggarakan panitia biasanya termasuk lomba yang membutuhkan kekuatan fisik penuh. Diantaranya tarik tambang, balap karung dan panjang pinang. Hal seperti ini harus diwaspadai bersama-sama, salah satunya panitia harus memiliki batasan usia untuk beberapa kategori lomba, dan dipastikan peserta yang mengikuti lomba dalam keadaan sepenuhnya sehat. 

Tidak hanya panitia, tapi warga pun harus menyadari kemampuan fisiknya sendiri, karena jika dipaksakan hal ini bisa menyebabkan cedera ringan hingga berat. Sehingga dapat menganggu kegiatan kita di keesokan harinya. Beberapa hal yang diantisipasi sebelum mengikuti lomba untuk menghindari cedera, di antaranya:

Jangan Memaksakan Diri
Jika merasa badan sedang tidak fit, sebaiknya hindari mengikuti lomba dengan penggunaan kekuatan fisik karena bisa berakibat fatal. Tidak ada salahnya kita mengalah tidak beruforia demi menjaga kesehatan yang akan menunjang kehidupan kita besok hari.

Menggunakan Pakaian Tertutup
Kadang terjatuh saat mengikuti berbagai lomba dengan kekuatan fisik tidak bisa dihindari,namun cedera luka ringan bisa kita hindari jika kita menggunakan baju lengan panjang, dan celana panjang. 

Siapkan Stamina
Seminggu sebelum perlombaan digelar, lakukan latihan fisik. Apalagi jika selama ini termasuk orang yang jarang berolahraga. Tubuh akan ‘kaget’ saat harus berlomba dengan kekuatan fisik penuh, Salah satu latihan fisik yang ringan, misalnya dengan jogging selama 30 menit setiap hari sebelum lomba. 

Lenturkan Persendian
Sebelum lomba dimulai, jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu, Berlari di tempat dan juga peregangan bisa membantu melenturkan persendian. Lakukan peregangan dengan serius dan tidak terburu-buru. Sebab, pemanasan adalah komponen persiapan yang sangat penting sebelum melakukan aktivitas fisik. Peregangan akan membantu memperkecil risiko kram saat beraktivitas.

Siapkan P3K
Memang sih kondisi fisik sudah dipersiapkan, tetapi pada saat perlombaan selalu saja risiko cedera. Siapkan kotak P3K yang berisi obat antiseptik untuk luka, plester, kapas, dan obat Anti Inflammation untuk meredaka nyeri otot disertai dengan bengkak. 

Memerhatikan Kondisi Teman 
Jika sedang berlomba sering kali kita hanya fokus kepada kemenangan kita saja, padahal  lomba ini tujuannya untuk kebersamaan semata, kemenangan bukan tujuan utamanya. Tidak ada salahnya kita melihat kondisi fisik teman kita, baik itu satu tim ataupun tim lawan. Jika dilihat kondisi fisik teman sudah tidak baik, segera hentikan lomba sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.  

Jangan lupa infak di hari merdeka di sini

Sumber Foto: www.bola.com

Penulis: Cery Riksanegri
Tags: tips #tipssehat indonesia Indonesia Merdeka kemerdekaan agustusan

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp