Berkah Ramadhan, LAZ PERSIS Bagikan 1 Ton Rendang di Sumatra Barat


Penulis: Rani Nurul Hudayanti
22 Mar 2024
Bagikan:
By: Rani Nurul Hudayanti
22 Mar 2024
283 kali dilihat

Bagikan:

Rabu (20/03/2024), SUMATRA BARAT - LAZ PERSIS mengambil inisiatif luar biasa dengan mendistribusikan Program Berkah Ramadhan Berbagi Pangan melalui pengolahan satu ton daging menjadi rendang kemasan di Lubuk Sarik, Kecamatan Kambang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Bantuan program Berkah Ramadhan tersebut ditujukan untuk 700 kepala keluarga yang menjadi penyintas banjir bandang di wilayah Sumatra Barat. Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah yang terdampak parah oleh banjir bandang namun bantuan yang diterima masih minim sehingga membuat para korban bergantung pada bantuan makanan dari dapur umum yang hanya bisa menyediakan makanan setiap dua hari sekali.

Tim Berkah Ramadhan LAZ PERSIS melakukan assessment di beberapa daerah di Pesisir Selatan sehari sebelum pendistribusian. Setelah evaluasi, diputuskan untuk mendistribusikan bantuan di Lubuk Sarik karena akses ke daerah lain cukup sulit. Selain rendang siap makan, dibagikan pula kurma untuk kebutuhan buka puasa dan sahur. Proses distribusi dilakukan secara door to door dengan bantuan kepala kampung dan aktivis pemuda setempat. Meskipun cuaca panas sepanjang hari, pendistribusian berlangsung lancar dari pukul 14.30 hingga 18.30 waktu setempat.

Bencana banjir bandang pada tanggal 7 Maret 2024 menyisakan kepiluan bagi masyarakat di Sumatra Barat. Ibu Nurma Ningsih, salah satu korban banjir, mengungkapkan betapa air setinggi 2 meter merusak beberapa rumah dan alat kebutuhan sehari-hari. Dalam situasi sulit ini, LAZ PERSIS bergerak cepat untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan LAZ PERSIS, Ahmad Sopian, S.Kom.I, menyatakan prihatin terhadap musibah yang menimpa masyarakat Sumatra Barat. Selain itu, bantuan juga diberikan berupa al-Quran untuk masjid dan mushola di Nagari Kambang melalui Program Berkah Ramadhan Berbagi al-Qur'an.

Kepala Jorong Lubuk Sarik, Idep, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh LAZ PERSIS. Rendang dan kurma tersebut sangat bermanfaat bagi mereka untuk berbuka dan sahur mengingat mereka belum mampu memasak untuk kebutuhan sehari-hari. Al-Qur'an pun sangat bermanfaat mengingat banyak mushaf yang rusak sehingga bantuan mushaf al-Qur'an bisa menguatkan kembali warga untuk mengaji.

Dalam momen yang sulit ini, kehadiran LAZ PERSIS melalui Program Berkah Ramadhan membawa harapan dan kehangatan bagi masyarakat yang terdampak bencana. Melalui berbagai program, LAZ PERSIS siap melayani umat dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadhan melalui Program Berkah Ramadhan.

 

Mau infak al-Qur'an juga? Silahkan berinfak dengan cara klik link di bawah ini:

Link Infak Qur'an

Bagi yang hendak berzakat, bisa ditunaikan di bawah ini:

Link Bayar Zakat

Mau ikut berbagi makanan berbuka? Bisa, tinggal klik link di bawah ini:

Link Infak Berbagi Makanan Berbuka


Baca Juga: LAZ PERSIS Siap Salurkan Bantuan Ramadhan untuk Warga Gaza

Baca Juga: Masyarakat Pesisir Selatan Mendapat Mushaf Al-Qur’an Baru

Penulis: Rani Nurul Hudayanti
Tags: berkahramadhan berkah ramadhan

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp