Gempa di Kabupaten Bandung Mengakibatkan Kerusakan di Beberapa Wilayah Jawa Barat


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
18 Sep 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
18 Sep 2024
697 kali dilihat

Bagikan:

Rabu, (18/09/2024) KAB. BANDUNG- Warga Jawa Barat merasakan guncangan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5.0 pukul 09:41 WIB. Berdasarkan data dari BMKG, pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 km, berjarak 24 km tenggara Kabupaten Bandung. Selain itu, gempa juga dirasakan di wilayah sekitar seperti Garut, Cimahi, dan Bandung, hingga Jakarta yang berjarak 147 km dari pusat gempa.

Masyarakat merasakan getaran kuat selama 3 hingga 5 detik, yang menyebabkan kepanikan dan banyak yang berlarian keluar rumah untuk menghindari risiko bangunan runtuh. Meski begitu, BPBD Jawa Barat memastikan bahwa gempa tersebut tidak memicu potensi tsunami karena terjadi di daratan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus memantau perkembangan situasi pascagempa. Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan terkait korban jiwa namun sudah ada beberapa laporan mengenai kerusakan bangunan, terutama di Kertasari, Pangalengan, dan beberapa titik di Garut. Monitoring intensif dilakukan di sejumlah wilayah terdampak untuk memastikan keselamatan warga serta mengantisipasi gempa susulan.

Masyarakat diimbau tetap tenang, mengikuti arahan petugas, dan menjauhi bangunan atau tempat yang berpotensi berbahaya. Sementara itu, tim tanggap darurat sedang dikerahkan ke lokasi untuk memberikan penanganan cepat jika terjadi dampak lanjutan akibat gempa ini.

Mengingat terdapatnya kerusakan bangunan yang mengakibatkan kerugian dan beberapa keluarga harus mengungsi sementara waktu, maka LAZ PERSIS mengajak Ikhwatu Iman sekalian untuk bahu membahu membantu mereka yang terdampak gempa di Kertasari dan Pangalengan.

Tim LAZ PERSIS akan sesegera mungkin tiba di lokasi dan memastikan warga yang terdampak gempa bumi dapat bantuan dan pelayanan yang baik,” tutur Kang Eden selaku Komandan tim Distribusi LAZ PERSIS.

Bantuan bisa langsung ditransfer melalui rekening kemanusiaan LAZ PERSIS, yakni:

BCA Syariah 0352222509 a.n. LAZ PERSIS

Konfirmasi transfer bisa melalui WhatsApp di 0819-2255-523.

Bagi yang hendak menunaikan zakat, bisa tunaikan zakatnya di link ini:

Link Bayar Zakat

Infak dan Sedekah bisa ditunaikan di link ini:

Link Infak & Sedekah


 

Baca Juga:

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan di Tengah Musim Kemarau Panjang

Umat Islam Wajib Menjaga Ketersediaan Air

Kedudukan Orang yang Bekerja dalam Islam

 

 

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: lazpersis #gempabumi kertasari pangalengan

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp