Kemanusiaan di Tengah Krisis, LAZ PERSIS Bantu Atasi Kekurangan Air Bersih di Palestina


Penulis: Rani Nurul Hudayanti
02 Jan 2024
Bagikan:
By: Rani Nurul Hudayanti
02 Jan 2024
490 kali dilihat

Bagikan:

Krisis air bersih di Jalur Gaza dialami setidaknya 2 juta penduduk yang tinggal di kawasan tersebut. Data terbaru menunjukkan, 97% air yang tersedia terkontaminasi limbah. Direktur Eksekutif United Nations Children’s Fund (UNICEF) Catherine Russell menyampaikan bahwa anak-anak korban perang di Gaza, Palestina mengalami krisis air bersih dan sanitasi di tengah gempuran serangan Israel.

Dalam situasi yang kian memburuk, ia mengatakan bahwa anak-anak dan keluarga mereka di Gaza terpaksa menggunakan air dari sumber yang tidak aman. Air yang mereka minum sering kali mengandung garam atau polutan yang tinggi. Tanpa air bersih yang memadai, akan meningkatkan jumlah anak-anak yang meninggal akibat kekurangan air dan penyakit.

Berdasarkan informasi dari Visualizing Palestine 101, 80 liter dari 90 liter atau sekira 89 persen air yang dikonsumsi penduduk Gaza setiap harinya adalah air yang tidak layak minum atau terkontaminasi

LAZ PERSIS kembali menyalurkan amanah rakyat Indonesia untuk saudara di Gaza. 1 tank truck air bersih disalurkan mitra LAZ PERSIS di Gaza pada Ahad (24/12). Bantuan tersebut diterima langsung 1500 penerima manfaat  wilayah Dier Al-Balah.

Setengah dari ratusan ribu pengungsi diperkirakan adalah anak-anak yang membutuhkan makanan, air, tempat tinggal, obat-obatan, dan perlindungan. Sementara permintaan terus meningkat, sistem air dan sanitasi di kota berada dalam kondisi yang sangat kritis. Masifnya serangan Israel ditambah dengan minimnya pasokan listrik, kekurangan bahan bakar, terbatasnya akses, dan kerusakan infrastruktur menyebabkan setidaknya 50 persen fasilitas WASH (water sanitation and hygiene) rusak atau hancur.

Mari terus Bersama-sama membuktikan kepedulian kita terhadap saudara di Gaza sana, jangan pernah berhenti untuk Palestina Merdeka..

 

Infak untuk Palestina bisa ditunaikan dengan cara scan QR Code di bawah ini!

Atau klik link ini untuk infak Palestina.

Baca Juga:  RAKERNAS LAZ PERSIS 2024: TERUS BERKOMITMEN UNTUK UMAT

 

Penulis: Rani Nurul Hudayanti
Tags: gaza palestine under attack Genosida freepalestine #gaza

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp