Perang Sudan Menggila! LAZ PERSIS bantu Kader PERSIS pulang ke Tanah Air


Penulis: Rani
22 May 2023
Bagikan:
By: Rani
22 May 2023
531 kali dilihat

Bagikan:

Lazpersis.or.id, Upaya kudeta yang berujung pada perang saudara di Sudan telah memaksa sejumlah negara, termasuk Indonesia, mengevakuasi warganya yang tinggal di sana. Mereka melarikan warganya ke beberapa titik seperti kota Port Sudan, yang terletak di Laut Merah, atau memindahkannya ke negara sekitar seperti Ethiopia dan Mesir.

Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) termasuk 20 anggota PCI PERSIS Sudan beberapa hari sempat terjebak dalam situasi perang saudara di Sudan, sebagian sudah dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi. Selanjutnya, mereka yang termasuk tahap pertama diutamakan yang sakit, ibu dan balita diterbangkan ke Indonesia tanggal 27 April 2023. Sebagian WNI masih berada di Port Sudan, termasuk enam kader PERSIS lainnya guna menunggu rencana evakuasi tahap selanjutnya.

Berkenaan kondisi di atas, LAZ PERSIS yang diwakilkan langsung olehg Direktur Utama LAZ PERSIS Angga Nugraha beserta Wasekum PP PERSIS Ustaz Mohammad Faisal Nursyamsi dan Ketua Bidang Maliyah Ustadz Aay Mohamad Furkon menghadiri koordinasi penyambutan WNI bersama Kementerian PMK dan Lembaga Filantropi di Asrama Haji Pondok Gede, pada Kamis 27 April 2023.

Adapun poin-poin koordinasinya antara lain: 

1. Evakuasi dibagi menjadi tiga tahap.  Tahap pertama dijadwalkan pada Jumat 28 April 2023 pukul 05.30 tiba di Bandara Soekarno Hatta sebanyak 393 orang WNI.

2. Selanjutnya akan diperiksa kesehatan, tes swab, dan layanan psikososial di asrama haji. Semua WNI yang dievakuasi dari Sudan akan diistirahatkan atau transit di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

3. Rombongan diberikan istirahat hingga magrib dan dapat dijenguk apabila dianggap sehat, serta keesokan harinya dapat pulang dengan membawa surat keterangan.

4. Bagi WNI yang sakit akan ditangani oleh KKP Bandara Soekarno Hatta dan Asrama Haji.  Jika dipandang harus dirawat maka akan dirujuk ke RS Haji Pondok Gede. Salah satu anggota PCI PERSIS Sudan bernama Toni Suhendar yang dalam kondisi sakit, sudah didaftarkan untuk mendapatkan perawatan khusus. 

5. Sigab dan Lazpersis berperan-serta dalam memberikan layanan kesehatan (swab), serta penyaluran makanan dan minuman bagi rombongan WNI yang dievakuasi.

 

Berikut informasi terkini PCI PERSIS Sudan:

a. Anggota PCI PERSIS yang pulang tanggal 27 April 2023:

1.Toni Suhendra (sakit)

2. April Setiawan (pendamping)

3. Novita 

4. Shadra Altagral

Untuk proses kepulangan ini, pesawat take off dari Jeddah ke Jakarta pada pukul 16.00 waktu Saudi, dan diperkirakan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Jum'at pagi jam 05.30 WIB.

 

b.  Anggota PCI PERSIS di Jeddah yang masih menunggu informasi pemulangan dari Kementerian Luar Negeri:

1. Ahmad Muzaki

2. Yaristia Rachmat

3. Rifa Fadlan

4. Dwialimustova

5. Habib

6. Muhamad Orlando

7. M. Azka

8. Julaibib Basya

9. Bani

 

c. Anggota PCI PERSIS yang masih berada di Port Sudan:

1. Galih Pribadi Andika

2. Nizar ibrohim

3. Azmi

4. Khaikal 

5. Abu Romdhon

6. Wiguna Jaya mukti

 

Dalam hal ini, PP PERSIS mengimbau pihak keluarga yang akan menjemput sebaiknya berkoordinasi dengan Ustadz Faisal (0816-1345-633) dan atau Ustaz Arip (0821-2061-0306). 

Yuk, tunaikan kebaikan harian Anda hanya dengan klik ....

http://lazpersis.or.id/ziswaf

 

(Hubluneg/Bidjam PERSIS)

Penulis: Rani
Tags: persis sudan perangsudan perangsaudara

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp