Qurban Super Barokah untuk Mualaf dan Dhuafa di Sulawesi Utara


Penulis: Rani Nurul Hudayanti
06 Jul 2023
Bagikan:
By: Rani Nurul Hudayanti
06 Jul 2023
337 kali dilihat

Bagikan:

Setelah melewati momentum Ramadan, dalam waktu yang relatif singkat , sebagai lembaga amil zakat (LAZ) tentunya harus senantiasa terus bergerak melakukan ikhtiar untuk menebar kebermanfaatan bagi umat.  Maka dari itu, LAZ PERSIS berusaha memaksimalkan untuk menjalankan Program Qurban Super Barokah (QSB). Melalui program tersebut , LAZ PERSIS berupaya agar kurban tahun ini lebih merata tersebar ke pelosok pinggir kota sampai ke pelosok negeri yang masih jarang melaksanakan Ibadah Kurban, apalagi di pelosok-pelosok negeri yang masih kekurangan penggiat dakwah.

Kamis, 29 Juni 2023, bertempat di Kauditan Minahasa Utara diadakan program QSB (Qurban Super Barokah). Program QSB tersebut merupakan kerja sama antara Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS) dengan Kafilah Du'at PP Persis yang bertugas di Sulawesi Utara (Sulut). Tahun ini merupakan tahun ketiga LAZ PERSIS menyalurkan hewan kurban ke Sulut dengan pertimbangan kaum muslim di daerah Sulawesi Utara yang keadaannya minoritas sehingga masih sedikit kaum muslim yang berkurban.

Wilayah Sulawesi Utara ini merupakan salah satu prioritas distribusi QSB dikarenakan wilayah yang masih jarang melaksanakan Ibadah Qurban. Apalagi di pelosok-pelosok negeri yang masih kekurangan penggiat dakwah dan banyak misionaris yang giat mengiming-imingi sembako atau pangan lainnya. Bahkan selain menyalurkan kurban, LAZ PERSIS pun sekaligus menebar al-Quran di daerah tersebut agar kebermanfaatan kurban menjadi lebih berkah dan syiar Islam semakin terasa bagi penerima manfaat.

                                                          

Acara kurban di Sulawesi Utara tersebut dihadiri oleh para tokoh muslim setempat, seperti Ketua Yayasan Bina Mualaf At-Tauhid wilayah Empat Suluttenggo, yaitu Dr. Rio Efendi Turipno. Dr. Rio ditemani ketua Majelis Ta'lim Mualaf Al-Maghrfiroh, yaitu Ibu Nia. Penyembelihan hewan kurban langsung dilakukan oleh Ustadz Ikhlas sedangkan pengurusan hewan kurban dilakukan oleh panitia yang terdiri dari warga dan tokoh masyarakat setempat.

Sasaran dan target program QSB (Qurban Super Barokah) tahun ini adalah mualaf dan dhuafa. Panitia pelaksana yang terdiri dari Kafilah Du'at PP Persis, anggota Majelis Ta'lim Mualaf Al Maghfiroh, dan Yayasan Bina Mualaf At Tauhid berusaha mengurus dan mendistribusikan daging kurban dengan sebaik-baiknya.  Wilayah yang dijangkau meliputi desa Kauditan Minahasa Utara, Pulau Lembeh, dan Desa Maesa Kota Bitung, Sulawesi Utara.

“Alhamdulillah acara QSB berjalan dengan lancar. Adanya program ini menyebabkan banyak para mualaf yang sangat terbantu. Program ini juga disambut baik oleh warga sekitar. Bahkan, beberapa di antara kaum non-Islam ikut menyaksikan proses kurban. Mudah-mudahan, ini menjadi wasilah perkembangan Islam di Sulawesi Utara”, ujar tim Kafilah Du’at yang bertugas di Sulawesi Utara.

Semoga segala ikhtiar dakwah di Sulawesi Utara menjadi amal saleh bagi kita semua dan ke depannya, semoga pembinaan umat di Sulawesi Utara berjalan efektif sehingga syiar Islam bisa benar-benar mewarnai kehidupan masyarakat di Sulawesi Utara. LAZ PERSIS pun terus mengajak jamaah untuk terus bantu dakwah di berbagai pelosok Indonesia dengan cara infak di link berikut ini...

INFAK DAKWAH DI PELOSOK INDONESIA

 

Newsroom : (Aliyah dan Ghena, Kafilah Du’at Persatuan Islam D2T 2023)

Penulis: Rani Nurul Hudayanti
Tags: qurban maknaqurban iduladha pelosokindonesia

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp