SHALAT DAN SEDEKAH, 2 HAL YANG SANGAT DIINGINKAN PENGHUNI KUBUR


Penulis: Rani Nurul Hudayanti
14 Oct 2023
Bagikan:
By: Rani Nurul Hudayanti
14 Oct 2023
5248 kali dilihat

Bagikan:

Ayat-ayat Al Quran dan hadits Rasulullah ﷺ menuturkan kepada kita bagaimana keinginan para penghuni kubur saat ada di alam akhirat. Salah satu keinginan mereka adalah, keinginan mendirikan shalat, meski hanya dua rakaat.

Ini dijelaskan oleh Abu Hurairah radhiallahu anhu yang meriwayatkan hadits Rasulullah saw saat melewati sebuah makam. “Siapakah yang dikubur di sini?” tanya Rasul ﷺ.

Para sahabat menjawab, “Ini kuburan fulan.”

Rasul ﷺ mengatakan, “Shalat dua rakaat lebih diinginkan oleh penghuni kubur ini ketimbang apa yang tersisa dari dunia kalian.”

Itulah salah satu puncak keinginan orang yang telah meninggal namun banyak melalaikan Allah. Penghuni Kubur sangat ingin ruku dalam dua rakaat shalat. Ia begitu berharap bisa menambah timbangan kebaikannya.

Ia menentukan keinginannya secara spesifik untuk memperoleh pahala shalat. Ia telah melihat langsung apa manfaat shalat.

Penghuni Kubur sangat berduka melewati hari-hari tanpa shalat. Ia ingin kembali ke dunia, hanya beberapa detik untuk bisa ruku. Tidak ada keinginan dunia apapun, tapi hanya ingin dua rakaat.

Harapan dan keinginan lain dari orang-orang yang telah wafat dalam kelalaian adalah, shadaqah. Ya, mereka ingin kembali ke dunia beberapa saat saja untuk bisa bershadaqah.

Harapan mereka tercantum dalam firman Allah swt dalam surat Al Munafiqun ayat 10-11: “Berinfaqlah kalian dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian, sebelum datang pada salah seorang kalian dan ia mengatakan: “Ya Tuhan ku seandainya Engkau tunda kematianku sebentar saja, agar aku bisa bersedekah dan menjadi orang shalih….” []

 

SUMBER: PUSAT STUDI ISLAM

 

BACA JUGA  NABI MUSA AS BAHKAN MEMOHON NYAWANYA DICABUT DI PALESTINA

Yuk, teruskan berbagi kebahagiaan di sini.

Penulis: Rani Nurul Hudayanti
Tags: sedekah amal shalat

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp