DOA INILAH YANG DIPANJATKAN MALAIKAT BAGI ORANG YANG BERTOBAT


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
13 Feb 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
13 Feb 2024
269 kali dilihat

Bagikan:

Malaikat adalah makhluk Allah Swt. yang diciptakan dari cahaya memiliki sayap. Mereka sangat taat kepada Allah Swt. Mereka tidak pernah durhaka dan senantiasa beribadah, bertasbih juga bertahmid kepada-Nya, serta mereka pun selalu menaati segala perintah-Nya.

Di antara malaikat, ada juga malaikat yang diutus untuk menyelesaikan beberapa urusan manusia, seperti pada malam qadar di bulan Ramadan dan ketika ghazwah (perang) Badar. Para malaikat saat itu diutus untuk ikut bertempur melawan musyrikin Quraisy. Adakalanya, malaikat juga diberi tugas membawa Arasy. Di sekelilingnya mereka bertasbih memuji Allah Swt. atas nikmat yang diterimanya. Mereka meyakini bahwa tiada Tuhan kecuali Allah Swt., tidak riya dalam beribadah, dan mereka selalu memintakan ampunan kepada Allah untuk kaum yang beriman.

Robbanaa, rahmat dan ilmu Engkau telah meliputi segala sesuatu, termasuk dosa orang-orang yang beriman dan segala amal perbuatan mereka. Karena itu, ampunilah dosa kaum mukminin yang telah bertaubat, yang telah berjanji meninggalkan kedurhakaan dan kemungkaran, serta mengikuti petunjuk-Mu. Selamatkanlah mereka dari siksa neraka Jahim yang menyala-nyala.

Robbanaa, masukanlah mereka ke dalam surga yang telah Engkau janjikan untuk orang-orang yang telah mengikuti janji-Mu. Dan masukan pula orang tua mereka yang saleh bersama anak istri mereka, agar mereka hidup berkeluarga di surga dengan tenang karena Engkaulah yang Mahagagah dan Bijaksana.” (Q.S. Ghafir [40]: 7-8)

Itulah doa malaikat untuk kaum mukminin yang bertaubat dari segala maksiat serta berusaha kembali ke jalan yang lurus dan penuh dengan petunjuk. Karena itu, kita tidak boleh putus asa dari rahmat Allah Swt. Bertaubatlah kepada-Nya selagi masih ada kesempatan.

Seorang ulama tafsir, Salim bin Isa berkata, “Alangkah mulianya orang mukmin yang bertaubat. Sekali pun ia tidur di atas kasur, malaikat tetap memohon ampunan untuknya”.

Doa malaikat besar kemungkinannya diterima Allah Swt. Sebab, mereka adalah hamba-hamba-Nya yang taat. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa malaikat akan turun mengelilingi suatu majelis yang dipergunakan zikir kepada Allah Swt.


رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ

“Robbana, rahmat dan pengetahuan-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu serta jagalah mereka dari siksa neraka Jahim.”

(Q.S.  Ghafir [40]:  7)


Yuk, buktikan taubatmu dengan menunaikan zakat di sini.

 

Baca Juga: DOA BERLINDUNG DARI KEZALIMAN DIRI

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: doa #percikandoa taubat

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam