ATROFI FITRAH – PENTINGNYA PERAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK


Penulis: Ust. Harry Santosa
27 Jul 2023
Bagikan:
By: Ust. Harry Santosa
27 Jul 2023
186 kali dilihat

Bagikan:

Orang tua memiliki fitrah keayahbundaan yang harus dipenuhi dalam mendidik anak-anak mereka. Namun, tidak semua orang tua mampu melakukannya dengan baik. Lembaga pendidikan dapat membantu orang tua memenuhi fitrah keayahbundaan mereka, tanpa menggantikan peran orangtua tersebut.

Atrofi Fitrah

Oleh Harry Santosa (Allahuyarham)

Mendirikan lembaga pendidikan untuk membantu para orang tua yang enggan atau merasa tak mampu mendidik anaknya, dari sisi lembaga itu kemungkinan adalah amal saleh. Namun, membiarkan orang tua keenakan menitipkan anaknya, melalaikan fitrah keyahbundaannya terus menerus tentu akan buruk akibatnya bagi orang tua tersebut. Melalaikan fitrah keayahbundaan dalam jangka panjang akan merentankan pernikahan, menghambarkan keharmonisan, berpeluang selingkuh, dsbnya.

Bagi lembaga pendidikan juga tak perlu jumawa bisa mendidik semua hal karena kelak akan bermasalah dan mengalami kerepotan dalam waktu panjang, karena tidak mungkin menerima amanah fitrah semua anak yang telah dititipkan Allah pada kedua orang tua.

Maka jangan pernah mengambil alih fitrah peran orang tua dalam pendidikan anak, berbagi peranlah dan berusahalah mengembalikan peran fitrah keayahbundaan, jika tidak, maka akibatnya akan buruk bagi semuanya khususnya generasi masa depan.

Ini mirip seorang istri yang membantu menutupi nafkah suaminya dalam waktu panjang. Dalam waktu pendek atau sementara waktu tentu boleh dan amal sholeh, namun jika berkelanjutan maka dari sisi suami akan buruk akibatnya, ia akan kehilangan fitrah qowamah dan imamnya, ia bisa berlaku kasar dan tidak menyenangkan bahkan selingkih dsbnya untuk menunjukkan egonya.

Dari sisi istri, kelak akan banyak disakiti dan dikecewakan bahkan tanpa sadar mengurangi respek pada suami sejak hari pertama sang istri mensupport kewajiban nafkahnya. Tiba tiba mereka dikagetkan oleh pengkhianatan suami yang selama ini sudah dibantu habis habisan.

Kesimpulannya, jangan pernah membiarkan karunia fitrah yang Allah berikan kepada anda, jangan diabaikan atau dilalaikan apalagi diserahkan kepada pihak manapun, karena setiap karunia yang Allah berikan itu untuk kebahagiaan anda dan kebermaknaan anda sendiri.

Jika anda tak menggunakannya atau menyia nyiakannya maka yang terjadi bukan anda akan nyaman dan terlepas tanggungjawab, justru anda akan kehilangan kebahagiaan hakiki dan kebermaknaan dalam hidup anda.

Begitpula, untuk lembaga jangan pernah mengambil alih peran fitrah keayahbundaan yang Allah telah berikan kepada orang tua untuk mendidik fitrah anak-anaknya, maka kelak lembaga anda akan mnegalami kerepotan dan kesulitan, karena itu bukan amanah dan fitrah lembaga anda. Satu-satunya yang bisa anda bantu adalah pengajaran namun bukan pendidikan.

sumber : fitrahbased.com

#fitrahbasededucation #fitrahbasedlife

 

Penulis: Ust. Harry Santosa
Tags: parenting fitrah based education generasi rabbani

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp