lazpersis.or.id. Setiap memasuki bulan Dzulhijjah, kita selalu diingatkan akan potret ideal keluarga Ibrahim 'alaihissalam. Keluarga Ibrahim 'alaihissalam menjadi teladan dalam ketaatan dan kesungguhan menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ibrahim sendiri merupakan salah seorang nabi yang termasuk ulul azmi, sebuah gelar khusus bagi golongan rasul pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa.
Ibnu Abbas radiyallahu 'anhu pernah berkata, "Tidak ada nabi yang mendapatkan ujian dalam agama kemudian menegakkannya dengan sempurna melebihi Ibrahim 'alaihissalam. Dalam riwayat lain, Ibnu Abbas radiyallahu 'anhu mengatakan, "Bahwa yang dimaksud dengan Kalimat atau tugas yang dilaksanakan dengan sempurna adalah; meninggalkan kaumnya ketika mereka menyembah berhala, menentang keyakinan raja Namrud, bersabar ketika dilemparkan ke dalam api yang sangat panas, hijrah meninggalkan tanah airnya, menjamu tamunya dengan baik, dan bersabar ketika diperintah menyembelih putranya."
Dalam kisahnya, kita mengenal dua nama istri Nabi Ibrahim, yakni Siti Sarah dan Siti Hajar. Kedua istrinya ini memiliki andil yang sangat besar dalam proses keberhasilan perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.
Diceritakan bahwa setelah Allah menolongnya dari kejahatan kaumnya dan ia merasa putus asa dari keimanan kaumnya, padahal mereka telah menyaksikan mukjizat-mukjizat yang besar, Ibrahim ‘alaihissalam diperintahkan untuk berhijrah ke negeri Syam (Palestina). Kala itu, di Syam sedang terjadi kemarau panjang. Karenanya, Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan keluarganya pindah ke Mesir dan menetap di sana untuk sementara waktu.
Dalam sebuah riwayat. disebutkan bahwa raja memerintahkan untuk membawa Sarah ke istananya saat mendengar mengenai kecantikan Sarah. Saat utusan raja tiba dan bertanya mengenai Sarah, Ibrahim menjawab bahwa dia adalah saudarinya (yang ia maksudkan adalah saudara seagama). Ibrahim juga berpesan kepada Sarah agar mengaku sebagai saudarinya agar raja tersebut tidak membunuh Ibrahim. Ibrahim pun berdo’a agar sang raja tidak mampu menyentuh Sarah.
Setelah Sarah dibawa ke istana, raja berusaha menyentuh Sarah, tetapi tangannya mendadak jadi kaku seketika. Raja memohon agar Sarah berdoa pada Allah untuk menyembuhkannya dan Sarah melakukannya. Setelah tangannya pulih, raja kembali mengulangi perbuatannya, tetapi dia mengalami kekakuan yang lebih berat dari sebelumnya. Raja kembali meminta Sarah mendoakannya dan berjanji tidak akan mengganggunya lagi. Raja Mesir akhirnya sadar, Sarah bukan perempuan biasa dan ia tidak akan mungkin memenuhi hajatnya. Setelahnya, raja memerintahkan agar Sarah dipulangkan kepada Ibrahim dan dia dihadiahi Hajar untuk menjadi pelayannya karena raja menghormatinya. Nabi Ibrahim ‘alaihissalam pun pulang bersama istrinya Sarah dari negeri Mesir menuju Syam. Sarah membawa serta Hajar yang merupakan hadiah dari raja Mesir tersebut.
Di usia Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang sudah renta, Allah Subhanahu wa Ta’ala belum juga menganugerahi keturunan baginya. Sementara Siti Sarah yang juga sudah tua, tidak kunjung menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Siti Sarah tahu betul keinginan suaminya untuk memperoleh keturunan. Maka, ia pun memberikan Siti Hajar kepada Nabi Ibrahim (untuk dinikahi).
Tidak lama kemudian, Siti Hajar pun hamil dan melahirkan putra Nabi Ibrahim, yaitu Ismail. Kemudian, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam untuk keluar bersama Siti Hajar dan putranya ke Makkah lantas meninggalkannya di sana. Tujuannya adalah agar lembah yang diberkahi ini menjadi makmur dengan keberadaan mereka berdua. Nabi Ibrahim ‘alaihissalam pun bergegas menunaikan perintah Allah tersebut.
Diriwayatkan oleh Bukhari, dari Abdullah bin Abbas radiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam. telah bersabda: “Wanita pertama yang memakai sabuk kain adalah Ibu Ismail. Dia memakainya dan menyembunyikan jejaknya dari Sarah. Sampai kemudian Ibrahim membawanya (ke Makkah) dalam keadaan sedang menyusui Ismail. Ibrahim meninggalkannya di sebuah lembah yang tidak ada tumbuhan dekat baitullah yang mulia. Saat itu Makkah tidak berpenghuni dan tidak ada sumber air. Ibrahim meninggalkannya di sana. Dia juga meninggalkan bekal berupa satu kantung berisi kurma dan air. Setelah itu Ibrahim pergi.
Ibu Ismail mengikutinya dan bertanya, “Hai Ibrahim, ke mana engkau hendak pergi? Engkau tega meninggalkan kami di lembah yang tidak ada apapun di sisi?” Dia terus menanyakan hal itu. Tetapi, Ibrahim sama sekali tidak menengok ke belakang. Sampai kemudian dia bertanya, “Apakah Allah yang memerintahkanmu?” Ibrahim menjawab, “Ya.” Ibu Ismail berkata, “Kalau begitu Allah tidak akan menyia-nyiakan kami.” Setelah itu, dia kembali dan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam pun pergi. Ketika sampai di Tsaniyyah (di tempat mereka tidak bisa melihatnya), beliau menghadap Ka’bah, mengangkat kedua tangannya dan berdo’a:
رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ
“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (Q.S. Ibrahim [14]: 37)
Ibnu Katsir menjelaskan bahwa do’a Nabi Ibrahim ‘alaihissalam ini adalah yang kedua setelah do’a pertama yang diucapkannya ketika meninggalkan Hajar dan anaknya sebelum membangun Baitullah sedangkan do’a yang kedua ini diucapkan setelah Baitullah itu dibangun sebagai penegasan dan permohonan kepada Allah. Oleh karena itu, ia berkata: “عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ ” (Di dekat rumah Engkau [Baitullah] yang dihormati). (dalam kitab “Tafsirul Qur’anil ‘Adzim, Jilid VIII, 2000: 227)
Ayat di atas Nabi Ibrahim menggunakan kata “رَبَّنَا ” (Ya Tuhan kami). Padahal, saat itu Nabi Ibrahim berdoa sendiri (sehingga seharusnya menggunakan kata, Rabbi). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ibrahim melibatkan Hajar dan Ismail dalam doanya.
Kemudian, ibu Ismail menyusui Ismail dan minum dari bekal yang ditinggalkan untuknya. Sampai ketika bekal itu habis, dia dan anaknya mulai merasa haus. Dia melihat mulut anaknya sampai menganga kehausan. Dia pun pergi (mencari air) karena tidak tahan melihatnya. Kemudian, dia menghadap lembah untuk melihat apakah ada orang di sana, tetapi dia tidak melihat seorang pun. Dia pun turun dari Bukit Shafa hingga sampai di dasar lembah. Di sana, dia mengangkat ujung kainnya kemudian berlari-lari kecil hingga menyeberangi lembah dan sampai di Bukit Marwah. Dia berdiri di puncak bukit dan melihat apakah ada orang di sana, tetapi dia tidak melihat seorang pun. Dia melakukan itu sebanyak tujuh kali.
Ibnu Abbas mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Oleh karena itulah para jamaah haji melakukan Sa’i”.
Di puncak Marwah, dia mendengar suara. Dia ucapkan kepada dirinya sendiri, “Diamlah!” tetapi tidak lama berselang, dia kembali mendengar suara itu. Dia katakan, “Engkau telah memperdengarkan suaramu apabila engkau mau menolong!” ternyata yang mengeluarkan suara adalah Malaikat yang sedang berdiri di atas sumur Zamzam. Dia mengais-ngais tanah dengan sayapnya sampai muncullah sumber air. Ibu Ismail menciduk air tersebut ke dalam kantung bekalnya. Justru setelah diciduk, air itu semakin mengalir deras.
Ibnu Abbas mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Semoga Allah memberikan rahmat kepada Ibu Ismail. Seandainya waktu itu dia tidak menciduk air Zamzam, niscaya air tersebut hanya berbentuk sumber air kecil.”
Dia pun minum dan menyusui anaknya. Malaikat tersebut berkata, “Jangan takut akan disia-siakan. Di sini akan ada Rumah Allah yang akan dibangun oleh anak ini dan bapaknya. Allah sekali-kali tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya.”
Berdasarkan kisah di atas, ada beberapa pelajaran dan hikmah yang dapat kita petik dari Siti Hajar, di antaranya ia merupakan contoh yang menakjubkan bagi wanita mukmin yang yakin akan janji Allah dan ridla akan ketetapan-Nya. Siti Hajar juga merupakan teladan yang baik bagi istri yang taat terhadap suaminya dan membantunya dalam menjalankan ketaatan kepada Allah. Dia adalah salah satu wanita yang sangat sabar dalam menghadapi ujian dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Kesabarannya yang begitu tinggi terbukti ketika Nabi Ibrahim ‘alaihissalam meninggalkannya di tengah gurun pasir bersama sang anak. Dengan penuh kesabaran, Siti Hajar melaksanakan perintah Allah yang diberikan kepadanya melalui sang suami. Hal itu terbukti ketika kepergiannya bersama suaminya, Ibrahim as dan anaknya Ismail as. ke negeri yang mulia dan kembalinya Ibrahim ‘alaihissalam ke Syam, lalu meninggalkan Siti Hajar dan Ismail di Mekkah yang ketika itu tidak berpenghuni dan tidak ada sumber air.
Dalam kondisi tersebut, Siti Hajar mengatakan kepadanya kalimat yang baik, yang penuh keberkahan: “Wahai Ibrahim, hendak ke mana engkau pergi meninggalkan kami, apakah Allah yang memerintahkanmu?” Ibrahim menjawab, “Ya.” Siti Hajar berkata, “Kalau begitu Allah tidak akan menyia-nyiakan kami.” Dan dalam riwayat lain, Siti Hajar mengatakan, “Cukuplah bagiku (Allah sebagai penolongku)”. Dan dalam riwayat lain, “Aku ridha kepada Allah.” Maka lihatlah apa yang terjadi? Allah memberikan jalan keluar baginya dan anaknya rezeki. Malaikat Jibril memanggilnya, “Siapa kamu?” Dia menjawab, “Saya Hajar ibu dari anak Ibrahim?”, Malaikat Jibril berkata, “Kepada siapa kalian berdua bertawakkal?” Hajar menjawab, “Kepada Allah.” Malaikat Jibril mengatakan, “Kalian telah bertawakal kepada Allah yang maha memberi kecukupan.” (Ibnu Hajar Al-‘Asqalaany dalam kitab Fathul Baari, Jilid 6, 1997 : 494-495)
Selain itu, Siti Hajar juga merupakan tauladan yang baik sebagai ibu yang lemah lembut dan penyayang. Hal ini tampak nyata manakala Ibrahim ‘alaihissalam meninggalkannya sedangkan bersamanya ada Ismail, anaknya yang masih menyusui. Ibrahim meninggalkan keduanya di tempat yang tidak berpenghuni dan tidak ada sumber air sedangkan keduanya kehabisan air dan ia merasakan haus yang sangat, begitu juga anaknya. Hingga Ismail meronta-ronta karena kehausan, kemudian Hajar pergi meninggalkan Ismail dan tidak kuat melihat keadaannya. Kemudian, siti Hajar bergerak antara Shafa dan Marwah untuk mencari air. Dia melakukan itu sebanyak tujuh kali hingga muncullah sumber air lalu ia pun menciduk airnya. Dan dia pun minum dan menyusui anaknya.
Siti Hajar telah berhasil mentransformasikan kesalehan, kesabaran, kepasrahan, dan ketakwaannya kepada anak yang amat dicintainya. Ismail tumbuh menjadi anak luar biasa dan penyabar. Dalam usianya yang masih sangat muda, ia mempunyai keimanan yang luar biasa. Kisah pengorbanan diri untuk disembelih oleh ayahnya, Ibrahim ‘alaihissalam menjadi tonggak sejarah dalam perayaan Idul Adha dan ibadah haji dalam Islam. Siti Hajar dikaruniai seorang anak yang saleh berkat ketegaran dan ketabahannya dalam menjalani ujian dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Wallaahu ‘Alam bish-Shawaab
Sudah siap berkurban? Yuk, segera daftar di link ini: Daftar Kurban
Bagi yang hendak menunaikan zakat, bisa langsung melalui link ini: Bayar Zakat Sekarang!
Intip juga program-program infak dan sedekah LAZ PERSIS di sini.
Baca Juga:
Nabi Ibrahim: Cahaya Kebenaran di Tengah Gelapnya Penyembahan Berhala
Penulis: Dr. Hj. Gyan Puspa Lestari, Lc., M.Pd.
Tags:
lazpersis
Nabi Ibrahim
Palestina
hajar
nabi ismail
makkah