Keutamaan Hari Jumat dan Amalan yang Dianjurkan


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
25 Apr 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
25 Apr 2024
1096 kali dilihat

Bagikan:

Hari Jumat memiliki keistimewaan yang luar biasa bagi umat Islam. Hari Jumat dijuluki sebagai "Sayyidul Ayyam" atau tuannya hari. Rasulullah saw. memberikan penekanan khusus pada hari Jumat dan umat Islam diajak untuk mengisi hari Jumat dengan amalan-amalan yang dianjurkan.

Berikut adalah beberapa keutamaan hari Jumat bagi umat Islam:

1. Hari Diciptakannya Adam a.s

Hari Jumat memiliki keutamaan yang istimewa di antara hari-hari lainnya. Rasulullah saw. bersabda, "Sebaik-baik hari yang terbit matahari adalah hari Jumat; padanya Adam diciptakan, padanya dia dimasukkan ke surga, dan padanya dia dikeluarkan dari surga." (HR Muslim)

2. Waktu Dikabulkannya Doa

Dalam riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad saw. bersabda, "Hari Jumat ada waktu yang tidak ada seorang Muslim pun yang berdoa di dalamnya, kecuali Allah akan memenuhi permintaannya." Ini menunjukkan bahwa Hari Jumat adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa dan bermunajat kepada Allah Swt. Keterangan ini pun menunjukkan bahwa malaikat berkeliaran di sekitar masjid pada Hari Jumat. Para Malaikat mencari orang yang berdoa dan memohon kepada Allah Swt.

3. Hari Diampuninya Dosa

Hari Jumat merupakan hari diampuninya dosa bagi orang yang menjalankan ibadah dengan baik. Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa mandi pada hari Jumat, kemudian keluar ke masjid dalam keadaan tidak memisahkan dua orang, lalu mendengarkan khutbah dengan penuh perhatian dan tidak mengganggu, maka dosa antara hari itu dan hari Jum'at sebelumnya diampuni baginya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun amalan-amalan yang bisa dilakukan hamba yang taat di hari Jumat, antara lain:

1. Melaksanakan Shalat Jumat

Shalat Jumat merupakan kewajiban bagi kaum pria baligh sebagaimana perintah Allah dalam Surah al-Jumuah ayat 9-10:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا نُوۡدِىَ لِلصَّلٰوةِ مِنۡ يَّوۡمِ الۡجُمُعَةِ فَاسۡعَوۡا اِلٰى ذِكۡرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الۡبَيۡعَ​ ؕ ذٰ لِكُمۡ خَيۡرٌ لَّـكُمۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ تَعۡلَمُوۡنَ‏ فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوۡا فِى الۡاَرۡضِ وَابۡتَغُوۡا مِنۡ فَضۡلِ اللّٰهِ وَاذۡكُرُوا اللّٰهَ كَثِيۡرًا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ‏

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.”

2. Memperbanyak Shalawat

Mengucapkan salawat kepada Nabi Muhammad saw. adalah amalan yang dianjurkan di hari Jumat. Rasulullah saw. bersabda, “Perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari Jumat dan malam Jumat, karena shalawatmu akan disampaikan kepadaku.” (HR Abu Daud) Namun, umat Islam jangan sampai salah kaprah mengenai makna shalawat di sini. Shalawat merupakan salah satu kalimat yang dibaca saat seorang muslim sedang tasyahud dalam shalatnya. Dengan demikian, memperbanyak shalawat maksudnya adalah memperbanyak shalat sunah.

3. Berzikir dan Berdoa

Hari Jumat adalah waktu yang dianjurkan untuk berzikir. Memperbanyak zikir artinya memperbanyak mengingat Allah Swt. dalam berbagai aktivitas yang dilakukan. Melakukan berbagai hal yang disertai dan diakhiri dengan doa merupakan cerminan hamba yang berzikir.

4. Bersedekah

Bersedekah di hari Jumat juga memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya hari Jumat adalah hari di antara dua hari perayaan. Oleh karena itu, perbanyaklah sedekah di hari Jumat.” (HR At-Tirmidzi). Pahala bersedekah di hari Jumat tentu lebih besar dan merupakan salah satu cara untuk meraih keutamaan Jumat.

5. Memperbanyak Berinteraksi dengan al-Qur’an

Seorang hamba yang membaca al-Qur’an akan mendapat ganjaran melimpah di sisi Allah Swt. apalagi jika diamalkan di hari Jumat. Bukankah setiap amal saleh yang dilakukan di hari Jumat akan diganjar pahala berlipat. Jadi, pahala dari membaca, mengkaji, dan menghafal al-Qur’an di hari Jumat bisa medatangkan pahala yang lebih banyak lagi.

6. Menjaga Kebersihan dan Berpakaian Terbaik

Di hari Jumat, umat Islam dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan berpakaian terbaik. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah Swt. yang diberikan pada hari itu. Rasulullah saw. selalu menjaga kebersihan dan memakai pakaian terbaik di hari Jumat.

Dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan di hari Jumat, umat Islam dapat mendapatkan keberkahan, ampunan, dan pahala yang besar dari Allah Swt. Semoga kita semua dapat memanfaatkan hari Jumat sebagai upaya cerdas kita dalam beramal saleh guna mendekatkan diri meraih keridhaan-Nya.

Yuk, raih pahala berlimpah melalui sedekah di hari Jumat melalui link ini: Link Sedekah Jumat

Tunaikan juga zakat di link ini: Link Bayar Zakat


Baca Juga:

Bahaya Judi Online bagi Individu dan Masyarakat

Tantangan yang Harus Dihadapi dalam Memulai Bisnis

Wajibkah Wanita Muslim Menggunakan Jilbab?

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: lazpersis shalat artikel islam jumat

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp