MENDIDIK AKHLAK ANAK SEJAK DINI, KENAPA TIDAK?


Penulis: Cery Riksanegri
14 Aug 2023
Bagikan:
By: Cery Riksanegri
14 Aug 2023
510 kali dilihat

Bagikan:

Islam mengajarkan akhlak yang mulia. Nabi saw. pun diutus Allah Swt. untuk menyempurnakan akhlak manusia. Di zaman seperti sekarang inilah tantangan untuk mengedukasi generasi di usia remaja semakin tinggi.

Remaja memiliki sifat suka menentang dan memberontak, maka hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua untuk menegakkan akhlak mulia di usia usia remaja. Maka tidak salah jika orang tua bisa menerapkan dan memberi pengertian sedikit demi sedikit kepada anak di usia dini. 

Adab pergaulan remaja menurut Islam adalah sopan dan santun dalam pergaulan remaja yang sesuai dengan ajaran Allah Swt. dan Rasul-Nya di mana, kapan saja, dan terhadap siapa saja sesama remaja. Terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pasangan muda, bahwa tidak ada salahnya menerapkan adab sedari kecil, bahkan ketika anak mulai lancar berbicara. 

Menjaga Sopan dan Santun dalam Bertindak dan Bertutur Kata
Orang tua sering kali membiarkan anak usia batita mengeksplore dirinya sendiri, membiarkan bebas bernyanyi dan berteriak. Hal ini tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun menjadi tidak tepat jika dilakukan di tempat yang tidak seharusnya. Misalnya, di depan orang sakit atau yang sedang berduka. Tidak ada salahnya anak dibujuk dan diingatkan dengan lembut tanpa paksaan, walaupun seperti tidak mendengarkan, anak akan menyerap perkataan kita dan lambat laun akan mengerti hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan walau masih usia balita. 

Mengerti dan Memahami
Anak-anak usia batita sering kali dianggap tidak paham dan belum mengerti oleh orang dewasa. Padahal, usia batita adalah waktu untuk belajar mengerti dan memahami hal yang terjadi di sekelilingnya. Tidak ada salahnya orang tua menunjukan dan mengajarkan untuk memberi kepada teman bermainnya, walau hanya satu bungkus permen. 

Lapang Dada dan Suka Membantu
Untuk mencapai kata sabar adalah hal yang penuh perjuangan bagi orang dewasa, mengingat sulitnya hal tersebut, tidak ada salahnya kita mengenalkan kata sabar kepada anak sedari dini, seperti ketika mainannya direbut oleh teman bermain atau oleh adiknya, maka kita bisa ucapkan kata sabar sambil memeluknya dan membiarkan dirinya menangis lalu segera mengalihkan perhatiannya.

Membantu sang adik mengambilkan barang atau membantu kita membereskan rumah adalah hal yang menggemaskan. Ajak anak ikut berperan ketika kita membereskan rumah, bisa dengan cara memberi alat bersih bersih mainan dan jangan lupa memuji setiap tindakannya yang berusaha membantu kita. 

Berlaku Jujur dan Adil
Berlaku jujur dan adil sangat mendasar karena karakter ini akan penting bagi anak menjalani kehidupan. Salah satu cara mengenalkan kejujuran adalah ketika anak menjatuhkan barang penting milik orang tuanya, agar anak mengatakan yang  sebenarnya, kita sebagai orang tua harus tenang menghadapinya, lalu ajak bicara hingga anak mengakuinya, dan jangan lupa memuji atas kejujurannya.

Adil pun adalah hal yang tidak bisa dilewatkan di golden age nya, berlaku adil bisa dimulai dari rumah seperti ketika membagi makanan ke saudaranya dengan potongan yang sama. Hal ini tentu tidak mudah, namun ketika menjadi kebiasaan, semua hal baik akan menjadi ringan.

Yuk, sempurnakan aktivitas harian dengan berbagi di sini

Baca Juga: TIPS MENGENALI KONDISI KEUANGAN KELUARGA

 

 

Sumber Foto: www.jatengonline.com

 

 

Penulis: Cery Riksanegri
Tags: lazpersis parenting pendidikan

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp