Misi Program Kafilah Du’at: Menyatukan Umat dan Menjangkau Daerah Terpencil


Penulis: Rani Nurul Hudayanti
23 Jan 2024
Bagikan:
By: Rani Nurul Hudayanti
23 Jan 2024
340 kali dilihat

Bagikan:

LAZ PERSIS berkomitmen penuh mendukung program dakwah PERSIS, salah satunya program Kafilah Du'at. Program Kafilah Du’at diselenggarakan Bidang Dakwah PP PERSIS melalui Bidang Garapan Dakwah Daerah Terpencil 3T yang bekerja sama dengan STAIPI Garut. Program tersebut diselenggarakan dalam rangka mewujudkan dan memperkuat secara nyata peran dakwah di abad kedua Persatuan Islam yang dicanangkan pada Musykernas ke 2 di Soreang Kab. Bandung, yakni Transformasi Gerakan Dakwah Persatuan Islam Menuju Kejayaan Bangsa dan Peradaban Dunia. Acara pembekalan Kafilah Du'at dan pelepasan yang secara konsisten diadakan setiap tahun pengirimannya ke seluruh penjuru negeri dapat mengakselerasi tujuan tersebut, yakni membangun Indonesia menjaga akhlaq bangsa menuju kejayaannya semoga dapat diwujudkan.

Beberapa daerah yang akan menjadi objek da'wah para Kafilah Du'at, yaitu: Sumatra Utara, Bengkulu, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Lampung Utara, Lampung Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Ambon. 28 dai tersebut akan mengabdi di 18 titik lahan dakwah selama satu tahun.

Bidang Garapan Dakwah Daerah Terpencil (D2T) PP Persis menyelenggarakan kegiatan Pembekalan serta Pelepasan Dai dan Guru ke Daerah Terpencil di Pelosok Negeri. Acara ini bertemakan "Membangun Indonesia, Menjaga Akhlak Bangsa". Kegiatan Pembekalan berlangsung sejak hari Jumat hingga Ahad. Sedangkan di hari terakhir diadakan pula Pelepasan para Dai tersebut. Kegiatan yang bertempat di Gedung Himpunan Haji Qornul Manazil (H2QM) ini dilaksanakan 1 - 3 Desember 2023 tahun lalu, selama 3 hari berturut-turut, para Kafilah Du'at dibekali berbagai materi dan pembahasan yang diperlukan untuk menjalani pengabdian selama satu tahun di pelosok Indonesia. Dalam pembekalan ini dihadirkan pemateri yang berkompeten di bidangnya.

Marhaban bi washiyyati Rasulillah, selamat datang wahai para pelanjut wasiat Rasulullah. Selamat bergabung dengan keluarga besar Bidang Dakwah Pimpinan Pusat Persatuan Islam melalui Bidgar Dakwah Daerah Terpencil. In sya Allah kita akan senantiasa berkomunikasi, merumuskan persoalan dakwah, dan berperan di arena dakwah,” jelas ustadz Uus ketua Bidang Dakwah PP PERSIS dalam acara pelepasan tersebut.

Di akhir arahan Ketua bidang Da'wah PP Persis, Drs. K.H Uus M Ruhiyat dengan resmi menyatakan bahwa Kafilah Du'at delegasi tahun 2024 dilepaskan. “Selamat menjalani program ini. Semoga Allah memberikan kemudahan dan keberkahan. Yakinlah bahwa orang tua kita senantiasa mencurahkan doanya untuk kesuksesan program kita,” jelas ustadz Uus. 

sumber : PP PERSIS

 

Mari terus dukung perjuangan mereka untuk menebar syiar dakwah di pelosok Indonesia, jika bukan kita siapa lagi?

KLIK DI SINI INFAK DAKWAH PELOSOK INDONESIA

Atau scan barcode di samping ini

Penulis: Rani Nurul Hudayanti
Tags: kafilah duat dakwah pelosok indonesia dakwah Dai Persis

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp