MUKJIZAT UCAPAN NABI MUHAMMAD TENTANG RATUSAN SENDI MANUSIA


Penulis: Rani Nurul Hudayanti
04 Oct 2023
Bagikan:
By: Rani Nurul Hudayanti
04 Oct 2023
3083 kali dilihat

Bagikan:

Ada sebuah mukjizat dari Nabi Muhammad SAW yang terbukti kebenarannya pada era perkembangan sains dan teknologi sekarang ini. Karena, pada zaman dulu, Nabi sudah mengungkapkan jumlah persendian yang ada di dalam tubuh manusia.

Sebagaimana diketahui, tidak sedikit mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbukti secara sains. Di antaranya adalah apa yang dikatakan Nabi terbukti ilmiah di kemudian hari.

Dalam sebuah hadits, beliau pun pernah menyebut jumlah persendian manusia yang jumlahnya sampai ratusan. Dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِي آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلَاثِمِائَةِ مَفْصِلٍ ، فَمَنْ كَبَّرَ اللهَ ، وَحَمِدَ اللهَ ، وَهَلَّلَ اللهَ ، وَسَبَّحَ اللهَ ، وَاسْتَغْفَرَ اللهَ ، وَعَزَلَ حَجَرًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ ، أَوْ شَوْكَةً أَوْ عَظْمًا عَنْ طَرِيقِ النَّاسِ ، وَأَمَرَ بِمَعْرُوفٍ أَوْ نَهَى عَنْ مُنْكَرٍ ، عَدَدَ تِلْكَ السِّتِّينَ وَالثَّلَاثِمِائَةِ السُّلَامَى ، فَإِنَّهُ يَمْشِي يَوْمَئِذٍ وَقَدْ زَحْزَحَ نَفْسَهُ عَنِ النَّارِ.

Artinya: “Sesungguhnya setiap manusia dari kalangan anak Adam diciptakan dengan 360 sendi. Barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, atau (menyingkirkan) duri atau tulang dari tengah jalanan, memerintahkan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, sejumlah 360 sendi tersebut, maka hari itu ia telah berjalan sambil menjauhkan dirinya dari neraka.” (HR Muslim).

Hadits ini menunjukkan kehebatan Rasulullah SAW. Karena, pada zaman itu tidak mungkin ada seorang pun yang bisa menguasai ilmu sanis untuk menerangkan jumlah sendi manusia.

Hadits nabi sesuai fakta ilmiah.

Namun, pada masa itu Nabi SAW sudah bisa menyebutkan bahwa persendian manusia berjumlah 360 sendi. Dari mana nabi mendapatkan informasi ini?

Hadits tersebut nabi dilontarkan pada awal abad ke-7 M. Hadits ini diucapkan berabad-abad yang lalu dalam lingkungan yang tidak memahami sains dan penelitian. Bahkan, pada zaman sekarang pun, mungkin tidak semua ilmuwan bisa mengetahui secara pasti jumlah sendi manusia.

Namun, dalam bukunya yang berjudul Rihlah Al-Iman fi Jism Al-Insan (Wisata Iman dalam Tubuh Manusia) Hamid Ahmad Hamid menyebutkan bahwa jumlah sendi dalam tubuh manusia ternyata memang ada 360 sendi sebagaimana yang diucapkan Rasulullah SAW berabad-abad lalu.

Hamid Ahmad bahkan menjelaskan jumlah sendi tersebut secara rinci, seperti jumlah sendi tulang belakang, jumlah sendi antartulang belakang, sendi antara tulang belakang, dan lain-lain. Jika dijumlahkan secara keseluruhan, menurut dia, semua sendi manusia berjumlah 360.

Dengan demikian, hadits nabi tersebut sesuai dengan fakta sains. Allah SWT tunjukkan kebenaran Islam yang melintasi ruang dan waktu melalui lisan Nabi-Nya yang menjelaskan jumlah sendi yang ada pada tubuh manusia.

Selain mengungkap fakta sains tersebut, perlu ditekankan juga hadits tersebut berisi ajaran Rasulullah SAW kepada umatnya untuk selalu senantiasa bersyukur, memohon ampun kepada Allah, dan melakukan amra makruf nahi mungkar. Semua itu akan membuat manusia terhindar dari api neraka.

Dzikir pada Allah...

Dengan 360 sendi itu, manusia menjadi mudah melakukan berbagai macam gerakan. Karena itu, sudah seharusnya hal itu dirawat sedemikian rupa agar tetap berfungsi dengan baik. Caranya, yaitu dengan selalu berdzikir kepada Allah,

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda: “Pada diri manusia itu terdapat 360 persendian, maka hendaklah ia memberi sedekah untuk setiap persendiannya tersebut.”

Para sahabat berkata, “Wahai Nabi Allah, siapa yang akan mampu melakukannya!”

Beliau bersabda: “Mengubur ludah dalam masjid atau sesuatu yang engkau buang dari jalan (menyingkirkan duri atau hal lainnya yang dapat menganggu orang yang lewat) adalah sedekah, jika tidak mendapatinya maka dua rakaat dhuha sudah cukup bagimu” (HR Abu Daud).

Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW juga berwasiat kepada umatnya untuk mensedekahi masing-masing sendi yang jumlahnya ratusan tersebut. Jika tidak mampu, maka bisa melakukan kebaikan lainnya atau melaksanakan sholat sunnah dhuha minimal dua rakaat.

 

sumber : republika

BACA JUGA NABI NUH SENANG BERSYUKUR, BEGINI AMALNYA SETIAP HARI

Teruskan kebaikan yuuuk!

Tunaikan infaknya di sini

Penulis: Rani Nurul Hudayanti
Tags: kisah kisahteladan Muhammad

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam