Bagaimana Menjaga Kesehatan dan Keselamatan di Awal Musim Hujan?


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
24 Sep 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
24 Sep 2024
583 kali dilihat

Bagikan:

Musim hujan membawa kesegaran dan rezeki berupa air bagi kehidupan manusia. Dalam beberapa ayat, Allah menyuratkan bahwa hujan itu sebagai salah satu berkah dan tanda kasih sayang dari Allah (rahmat). Melalui hujan, kehidupan terus berlangsung sehingga hujan pun disebut sebagai salah satu sumber rezeki dari Allah.

"Dan Dia-lah yang menurunkan hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan hujan itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau..." (Q.S. al-An'am: 99)

"Dan Kami turunkan dari langit air yang diberkahi, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pepohonan dan biji-bijian yang dapat dipanen." (Q.S. Qaf: 9)

Bahkan dalam satu keterangan, Allah menegaskan bahwa hujan itu sebagai pembersih dan penyuci diri. Firmah Allah Swt.:

"Dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih agar Kami hidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak." (QS. al-Furqan: 48-49)

Namun di sisi lain, perubahan cuaca yang tiba-tiba sering kali menjadi tantangan bagi kesehatan dan keselamatan kita. Adakalanya saat hujan yang melanda, apalagi jika deras, bisa menyebabkan hambatan bagi aktivitas sebagian dari kita, seperti dengan terjadinya banjir dan longsor.

Maka, agar tubuh tetap sehat dan selamat di awal musim hujan, ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan. Upaya bisa dimulai dari menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kehati-hatian dalam beraktivitas, hingga memperhatikan kebersihan lingkungan. Semua itu dapat membantu mencegah berbagai persoalan kesehatan dan keselamatan yang sering muncul saat musim hujan.

Beberapa upaya yang bisa sama-sama kita lakukan di awal musim hujan, antara lain:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Perubahan suhu dari panas ke dingin serta tingkat kelembapan yang tinggi selama musim hujan dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit seperti flu, batuk, dan demam. Untuk menjaga daya tahan tubuh, pastikan Anda:

  • Konsumsi makanan bergizi: Perbanyak makan sayur, buah, serta makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk dan papaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Minum air yang cukup: Meskipun cuaca lebih sejuk, tubuh tetap membutuhkan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi.
  • Istirahat yang cukup: Tidur yang cukup dapat memulihkan tubuh dan menjaga imunitas tetap optimal.
  • Olahraga rutin: Lakukan olahraga ringan, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan saat kondisi memungkinkan untuk menjaga stamina tubuh.

2. Mengenakan Pakaian yang Sesuai

Saat musim hujan, tubuh mudah sekali terkena flu karena suhu dingin. Oleh karena itu, penting untuk mengenakan pakaian yang tepat, seperti:

  • Gunakan pakaian yang hangat dan tidak terlalu ketat saat keluar rumah, agar tubuh tetap hangat.
  • Selalu bawa payung atau jas hujan saat bepergian untuk melindungi diri dari basahnya hujan.
  • Ganti pakaian basah dengan segera setelah kehujanan, agar tidak kedinginan dan terhindar dari penyakit.

3. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Musim hujan sering kali menyebabkan genangan air yang menjadi sarang penyakit, seperti demam berdarah dan diare. Agar terhindar dari penyakit yang ditularkan melalui air, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Menjaga kebersihan lingkungan: Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah, terutama pada tempat-tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk.
  • Cuci tangan secara rutin: Kebiasaan ini sangat penting untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri, terutama sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas di luar rumah.
  • Perhatikan kebersihan air minum: Pastikan air yang diminum bersih dan bebas dari kontaminasi. Jika perlu, rebus air sebelum diminum.

4. Mengatur Pola Makan

Saat musim hujan, ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan. Hindari makanan yang terlalu berminyak dan pedas karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Sebaliknya, pilih makanan yang mudah dicerna dan mengandung banyak nutrisi untuk menjaga kekuatan tubuh.

5. Hati-Hati di Jalan

Hujan membuat jalanan menjadi licin dan visibilitas berkurang sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk tetap aman di jalan saat hujan, antara lain:

  • Periksa kendaraan sebelum berkendara: Pastikan kondisi kendaraan, terutama ban dan rem yang harus dipastikan dalam keadaan baik.
  • Kurangi kecepatan: Berkendara dengan kecepatan yang lebih rendah agar lebih mudah mengendalikan kendaraan mengurangi risiko tergelincir di jalanan yang licin akibat hujan.
  • Selalu waspada: Perhatikan kondisi jalan dan hindari genangan air yang bisa menyebabkan kendaraan tergelincir.

6. Memperkuat Keimanan dan Rasa Syukur

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, termasuk hujan. Hujan adalah salah satu bentuk rahmat dari Allah yang memberikan kehidupan kepada makhluk di bumi. Terdapat beberapa adab yang bisa dilakukan ketika hujan tiba, di antaranya:

  1. Berdoa saat hujan turun. Rasulullah saw.bersabda: "Dua doa yang tidak akan ditolak: doa ketika adzan dan doa ketika hujan turun." (HR. Hakim) Ketika hujan turun, dianjurkan untuk memanjatkan doa memohon berkah karena saat itu adalah waktu mustajab untuk berdoa.
  2. Mengucap syukur atas hujan. Umat Islam dianjurkan untuk bersyukur ketika hujan karena hujan adalah tanda keberkahan dari Allah. Dalam sebuah hadis disebutkan doa yang dianjurkan saat turunnya hujan, yakni: "Allahumma Shayyiban Naafian (Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan yang membawa manfaat)." (HR. Bukhari)
  3. Tidak mengeluh terhadap cuaca. Islam tidak mengajarkan kita untuk mengeluh terhadap takdir Allah, termasuk cuaca yang tidak sesuai dengan harapan. Sebaliknya, kita harus menyikapi perubahan cuaca dengan sabar, syukur, dan yakin akan hikmah di balik semua takdir Allah Swt.

Memasuki musim hujan, menjaga kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas penting. Mulai dari menjaga pola makan, kebersihan, hingga berhati-hati di jalan, semua ini adalah langkah preventif yang bisa diambil untuk menghindari penyakit dan kecelakaan. Sebagai umat Islam, kita juga harus memperbanyak doa dan bersyukur atas nikmat hujan yang Allah turunkan, serta senantiasa menjaga diri dari segala keburukan dengan mendekatkan diri kepada-Nya.

Di samping itu, Rasulullah saw. pun mengabarkan bahwa ada ikhtiar yang bisa kita lakukan sebagai upaya menghindarkan diri kita dari bala (kecelakaan, musibah, dan kenestapaan lainnya), yakni dengan perbanyak sedekah. Nabi saw. bersabda, "Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur". (H.R. Thabrani)

Dengan demikian, yuk perbanyak sedekah!

Caranya gampang! Cukup dengan klik link ini: Link Sedekah Harian

Bagi akhwat/ikhwan yang hendak menunaikan zakat, bisa ditunaikan secara mudah di link ini: Link Bayar Zakat


 

Baca Juga:

Penyebab Perlunya Tindakan Amputasi dan Fenomena Kecelakaan Kerja di Indonesia

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan di Tengah Musim Kemarau Panjang

Gempa di Kabupaten Bandung Mengakibatkan Kerusakan di Beberapa Wilayah Jawa Barat

 

 

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: lazpersis #sehat keselamatan hujan

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp