Pentingnya Pendidikan dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan (Bagian 2)


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
16 Jul 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
16 Jul 2024
957 kali dilihat

Bagikan:

Masyarakat yang berhasil membentuk lingkungan yang berpendidikan akan merasakan kehidupan yang bernilai tinggi. Kualitas hidup yang berada di level tertinggi peradaban tersebut hanya bisa terjadi jika sistem pendidikan berhasil melakukan sinkronisasi antara nilai-nilai ketuhanan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan sains. Nantinya, peradaban ideal tersebut akan tercermin dari tingginya nilai-nilai kemanusiaan yang terbentuk di tengah-tengah masyarakat.

Berikut adalah beberapa nilai-nilai kemanusiaan yang bisa terbentuk saat pendidikan Islam berhasil digulirkan dengan maksimal, yakni:

  1. Keadilan

Pendidikan Islam menekankan pentingnya keadilan dalam segala aspek kehidupan. Seorang Muslim yang berpendidikan dituntut mampu untuk menegakkan keadilan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun negara.

  1. Kepedulian Sosial

Salah satu nilai kemanusiaan yang diajarkan dalam Islam adalah kepedulian terhadap sesama. Pendidikan Islam mengajarkan umatnya untuk selalu membantu orang lain yang membutuhkan, saling tolong-menolong dalam kebaikan dan kesabaran sebagaimana dalam hadits:

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.” (H.R. Ahmad, Thabrani, Daruquthni)

  1. Kehormatan dan Martabat

Islam mengajarkan pentingnya menjaga kehormatan dan martabat setiap individu. Pendidikan yang baik membantu seseorang untuk memahami hak-hak dan kewajiban mereka, serta menghormati hak-hak orang lain.

  1. Kejujuran

Kejujuran adalah salah satu nilai penting dalam Islam. Seorang Muslim yang berpendidikan diharapkan selalu berkata jujur dan dapat dipercaya dalam setiap tindakannya. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.” (Q.S. al-Ahzab, 33: 70)

  1. Perdamaian dan Toleransi
  2. Pendidikan Islam menekankan pentingnya hidup dalam perdamaian dan saling menghormati antarumat beragama. Rasulullah saw. selalu mengajarkan toleransi, menghormati perbedaan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Dengan demikian, dapatlah kita membuat sebuah korelasi bahwa pendidikan dalam Islam mampu melahirkan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh orientasi ukhrowi (berorientasi pada investasi di kehidupan akhirat) masyarakat tersebut. Masyarakat Islam yang terbentuk dari kesuksesan menggulirkan pendidikan yang baik bisa digambarkan dalam beberapa cerminan berikut ini:

  1. Pembentukan Karakter yang Baik

Pendidikan Islam berperan dalam membentuk karakter yang baik, yang mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan. Seorang Muslim yang terdidik akan memiliki akhlak yang mulia, seperti kejujuran, keadilan, dan kepedulian terhadap sesama.

  1. Keseimbangan antara Dunia dan Akhirat

Islam mengajarkan keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Pendidikan Islam memberikan pemahaman tentang pentingnya bekerja keras dan berbuat baik di dunia sebagai bekal untuk kehidupan akhirat.

  1. Peningkatan Kesadaran Sosial

Dengan pendidikan yang baik, seorang Muslim akan lebih sadar akan tanggung jawab sosialnya. Ia akan berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, membantu yang membutuhkan, taat pada peraturan yang berlaku, serta mampu menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari.

  1. Pembangunan Masyarakat

Pendidikan Islam berperan penting dalam pembangunan masyarakat yang adil dan sejahtera. Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seorang Muslim dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah sosial dan menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi umat manusia.

Maka, pendidikan dalam Islam bukan hanya tentang menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga tentang menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang mulia. Dengan pendidikan yang baik, seorang Muslim akan memiliki karakter yang baik, kepedulian terhadap sesama, dan tanggung jawab sosial yang tinggi. Pendidikan Islam yang menekankan pada nilai-nilai kemanusiaan ini sangat relevan dalam membentuk individu yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan membangun peradaban yang lebih baik.

Mau berkontribusi dalam pendidikan umat? Yuk, sisihkan rezekinya di link ini: Infak Beasiswa Pendidikan

Bagi yang hendak menunaikan zakat, bisa melalui link ini: Link Bayar Zakat


Baca Juga: 

Pentingnya Pendidikan dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan (Bagian 1)

Edukasi Wisata 2024 Terselenggara bagi Penerima Beasiswa Arruhama

Tips Tetap Sehat Saat Berada di Wilayah dengan Hawa Dingin

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: lazpersis pendidikan mendidik anak bantuan pendidikan

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam
WhatsApp