Keutamaan Mengamalkan Shaum Syawal


Penulis: Hafidz Fuad Halimi
22 Apr 2024
Bagikan:
By: Hafidz Fuad Halimi
22 Apr 2024
584 kali dilihat

Bagikan:

Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan telah berakhir. Selanjutnya, umat Islam perlu membuktikan kesuksesan ibadah selama Ramadhan dengan memanfaatkan kesempatan yang diberikan Allah Swt. untuk terus meningkatkan ibadah dan melanjutkan amal kebaikan di bulan Syawal dan di bulan-bulan selanjutnya. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah melaksanakan shaum sunah enam hari di bulan Syawal. Shaum sunah ini memiliki keutamaan yang besar dan merupakan kesempatan emas bagi umat Islam untuk memperoleh pahala yang besar di sisi Allah Swt.

Shaum sunah enam hari di Bulan Syawal merupakan anjuran dari Rasulullah saw. Anjuran tersebut berdasar hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub al-Ansari yang menyatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Barang siapa bershaum Ramadhan kemudian mengikuti dengan shaum enam hari di Bulan Syawal, maka ia akan mendapatkan pahala seperti shaum setahun." (H.R. Muslim)

Pelaksanaan ibadah Shaum Syawal bisa dilakukan secara berturut-turut selama enam hari ataupun tidak berkesinambungan selama dilaksanakan enam hari di Bulan Syawal. Adapun keutamaan dari melaksanakan shaum enam hari di Bulan Syawal, antara lain:

Pahala Seperti Shaum Setahun

Salah satu keutamaan yang paling menonjol dari shaum sunah enam hari di bulan Syawal adalah bahwa pahalanya setara dengan shaum setahun penuh. Ini merupakan anugerah besar bagi umat Islam yang melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Shaum sunah ini juga memiliki keutamaan untuk menghapus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan selama Ramadhan. Dengan melaksanakan shaum sunah di bulan Syawal, umat Islam dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah terjadi.

Meningkatkan Ketakwaan

Shaum sunah di Bulan Syawal juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan melaksanakan ibadah ini, umat Islam dapat merasakan manfaat spiritual dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Menyempurnakan Shaum Ramadhan

Shaum sunah di Bulan Syawal juga dapat menjadi pelengkap bagi ibadah shaum Ramadhan. Dengan melaksanakan shaum sunah ini, umat Islam dapat menjaga kesucian ibadah shaum mereka dan menyempurnakan pahala shaum.

Dalam kesibukan kehidupan sehari-hari, terkadang kita lupa akan keutamaan amalan-amalan kecil yang bisa memberikan pahala besar di sisi Allah Swt. Salah satunya adalah melaksanakan shaum sunah enam hari di Bulan Syawal. Meskipun bulan Ramadhan telah berlalu, namun kesempatan untuk terus meraih pahala tidak berhenti di sana. Shaum sunah Syawal memberikan peluang lanjutan bagi umat Islam untuk tetap memperoleh keberkahan dan ampunan setelah sebulan penuh beribadah. Dengan melaksanakan shaum enam hari di Bulan Syawal, kita tidak hanya menambah pahala, tetapi juga menunjukkan kesungguhan dan kecintaan terhadap agama Islam. Mari manfaatkan kesempatan ini dengan baik karena setiap amalan kebaikan yang dilakukan dengan ikhlas akan selalu dihadiahi kebaikan berlipat oleh Allah Swt. Semoga shaum sunah Syawal menambah bekal kita semua dalam menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan penuh berkah.

Silahkan titipkan infak dan sedekah dengan cara klik link ini: Link Infak dan Sedekah 

Bagi yang hendak menunaikan zakat, bisa dengan cara klik link ini: Link Bayar Zakat


Baca Juga:

Apa yang Harus Dilakukan setelah Ramadhan Berakhir?

Apa yang Menyebabkan Rasulullah saw. Bersedih saat Ramadhan Akan Berakhir?

Cara Menghapus Dosa dari Perbuatan Tercela

Penulis: Hafidz Fuad Halimi
Tags: lazpersis ibadah artikel islam shaumsyawal

Berita Lainnya

Mitra LAZ Persatuan Islam